AYP Inisiasi Bimtek Wirausaha Di Tiga Kabupaten Di Sulawesi Selatan




TRENDSULSEL--Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka Kementerian Industri bersama dengan anggota Komisi VII DPR RI, Dr. Ir. Hj. Andi Yuliani Paris MSc, dari Fraksi PAN, menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) yang bertujuan membangun wirausaha baru di kalangan industri kecil dan menengah (IKM) di Kabupaten Bone. 

Acara yang digelar di Hotel Helios pada hari Sabtu (14/10/2023) ini dihadiri oleh kepala desa dan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) setempat.

Kegiatan tersebut mulai dari 14 hingga 18 Oktober 2023, dibuka oleh Anggota Komisi VII DPR RI, Dr. Ir. Hj. Andi Yuliani Paris MSc serentak di tiga kabupaten yakni, Maros, Wajo dan Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan. 


Salah satu sorotan utama dalam acara ini adalah pernyataan Dr. Andi Yuliani Paris MSc, anggota Komisi VII DPR RI, yang menjelaskan fokusnya pada pemuda-pemuda. Ia menjelaskan bahwa tugasnya adalah menciptakan lapangan pekerjaan dan mendorong generasi muda untuk menjadi pelaku usaha. Dalam kerjasama dengan Kementerian Industri, mereka telah melatih 50 anak muda di Kabupaten Maros untuk menjadi barista profesional, bahkan dengan sertifikat badan sertifikasi profesi nasional.

Dr. Andi Yuliani Paris MSc berharap bahwa pelatihan seperti ini akan membantu pemuda-pemuda tersebut menciptakan lapangan pekerjaan sendiri dan untuk orang lain. Dalam upayanya untuk membangun wirausaha baru, ia juga mengajak generasi muda untuk terlibat dalam industri bengkel dan memulai dari yang kecil. Ia memberikan contoh bahwa pengusaha sukses pun dimulai dari usaha kecil dan berkomitmen untuk memberikan dukungan kepada wirausaha muda yang baru.

Selain itu, Dr. Andi Yuliani Paris MSc juga membahas pentingnya literasi digital dan e-commerce dalam era yang semakin maju. Ia mencatat bahwa dalam kerjasama dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), mereka telah melatih ratusan pelaku UMKM dalam literasi digital di beberapa wilayah, termasuk Bulukumba.

Pesan yang ia sampaikan adalah agar pemuda yang mengikuti pelatihan tersebut tidak hanya jadi konsumen literasi digital, tetapi juga mengembangkan keahlian mereka untuk melayani masyarakat dan mempromosikan bisnis mereka secara online. Dr. Andi Yuliani Paris MSc berkomitmen untuk terus memantau perkembangan wirausaha baru yang dihasilkan dari pelatihan ini, serta memberikan dukungan yang diperlukan untuk kesuksesan mereka.

Dengan upaya seperti ini, diharapkan generasi muda Sulawesi Selatan dapat lebih aktif dalam menciptakan lapangan pekerjaan dan memajukan sektor industri kecil dan menengah di daerah ini.(*) 
Lebih baru Lebih lama