Hasil Rekap Suara Internal Gerindra, Yasir Mahmud Raih Suara Terbanyak






TRENDSULSEL--Dalam hasil perhitungan suara internal partai Gerindra untuk kursi DPRD Sulsel di daerah pemilihan Bone,  Yasir Machmud berhasil memimpin dengan suara terbanyak. 

Menurut data yang berhasil kami himpun dari saksi pemantau desa yang terbentuk, sebanyak 1.472 TPS dari total 2.270 TPS telah berhasil diakumulasi, dengan total suara terakumulasi mencapai lebih dari 91.000, ungkap mujib.

Hasil perhitungan sementara menempatkan Yasir Machmud sebagai peraih suara terbanyak, diikuti oleh Andi Tenri Abeng Salangketo. 

Mujib, Ketua Tim Monev pemenangan Yasir Machmud, menyampaikan optimisme bahwa dengan komposisi suara yang telah masuk, Gerindra sudah dapat mengamankan 2 kursi. 

Kalau presisi suara yang masuk ini konsisten maka 798 TPS tersisa, dengan tren suara yang masih masuk dari desa-desa yang tersisa, pada dashbord aplikasi hitungan internal kami ada kemungkinan kuat Gerindra bisa meraih 3 kursi "gemuk".

Meskipun optimis dengan hasil yang positif, saksi pemantau kami mengalami kesulitan dalam mengakses data hasil C1. Beberapa petugas KPPS menyatakan bahwa hanya mereka yang diamanatkan oleh partai yang dapat melihat hasil C1. 

Sindrom paternalistik tampak masih dominan, bahkan ada petugas KPPS yang menyatakan akan memberikan data dengan syarat ada dana, menyatakan kelelahan sebagai alasan. Sama-samaki capek katanya.

Meski demikian, 70% suara TPS yang sudah masuk memberikan keyakinan bahwa posisi Gerindra di kursi pertama di Kabupaten Bone sudah di kunci oleh Yasir Machmud. 

Perwajahan politik di daerah ini memberikan refleksi tentang tantangan dan dinamika dalam upaya memperoleh data yang transparan dalam proses demokrasi. Saya kira inilah perwajahan politik di daerah, sindrom paternalistik masih dominan. 

Tapi terlepas dari itu, gambaran suara TPS yang masuk sudah memastikan posisi kami di kursi pertama se kabupaten Bone, dan pasti akan kawal suara rakyat untuk pak YM akan utuh sampai perhitungan suara tingkat provinsi nantinya.(*) 
Lebih baru Lebih lama